Langkah Mudah Tanam Kubis Ungu

Kubis ungu merupakan sayuran yang cukup jarang ditemui oleh masyarakat Indonesia, kubis ungu yang dari Eropa Selatan dan Eropa Barat. Tumbuhan kubis ungu tergolong ke dalam tumbuhan semusim yang dapat dibudidayakan skala rumah tangga maupun di lahan yang luas. Kubis ungu biasanya diolah menjadi salad hingga menjadi pewarna alami makanan. Bila sobat ada ingin menambahkan jenis sayuran untuk dibudidayakan di pekarang maka kubis ungu dapat menjadi pilihan. Berikut langkah mulai dari mempersiapkan benih hingga pemanenan kubis ungu.

  1. Penyemaian

Menanam kubis ungu dapat menggunakan benih. Benih bisa didapatkan di toko pertanian terdekat dan pastikan benih yang didapatkan dalam kondisi baik. Persemaian dilakukan dalam kotak pembenihan (tray), dengan media tanam menggunakan campuran tanah, sekam padi, dan kompos dengan rasio 1:1:1.

 Setelah itu, siram media tanam dengan nutrisi tanah alami SAN yang berfungsi memenuhi unsur makro dan mikro dengan dosis 2 sendok makan/ 10 liter air. Buatlah lubang sedalam 1 cm dan letakkan benih pada lubang tersebut lalu tutup dengan tanah. Siram air secukupnya setiap hari hingga sekitar berumur 9 hari akan muncul sekitar 4 helai dan siap dipindah tanamkan.

2.Pindah Tanam

Menanam kubis ungu di polybag/pot (ukuran 25-30 cm)  bisa menggunakan media sekam dan pupuk kompos dengan perbandingan satu banding satu dengan mengisikannya ¾ bagian poy/polybag. Setelah itu sobat bisa menambahkan nutrisi pada media tanam menggunakan nutrisi alami untuk tanah SAN. Buat lubang pada bagian tengah pot lalu pindahkan bibit tanaman kubis ungu. Setelah dipindahkan, tutup kembali menggunakan tanah.

3. Pemeliharaan

penyiraman tanaman bisa dilakukan setiap sore sampai tanah dalam keadaan lembab. Saat tanaman sudah dipindah tanamkan, bisa melakukan pemberian nutrisi menggunakam pupuk cair organik SNN  dengan dosis 2 cc / liter sebagai pupuk tambahan untuk tanaman kubis ungu. SNN berfungsi memenuhi unsur hara tanaman dan memacu pertumbuhan vegetative tanaman.

4. Panen

Tanaman kubis ungu dapat dipetik kropnya setelah besar, padat, dan umur berkisar antara 3 – 4 bulan setelah penyebaran benih. Pemungutan hasil jangan sampai terlambat karena kropnya akan pecah (retak), bahkan kadang – kadang dapat menjadi busuk.

Leave a Reply