5 Langkah Sukses Sawo Berbuah dalam Tabulampot

Buah sawo memiliki rasa manis dengan daging yang padat berwarna coklat. Pohon dari buah sawo dapat tumbuh besar dan berbuah dengan lebat dan seluruh bagian tanamannya bergetah.

Sawo dapat tumbuh dengan baik didataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 900 Mdpl hingga 2500 Mdpl. Suhu optimal antara 22°C hingga 32°C. Pohon sawo membutuhkan sinar matahari yang cukup tetapi masih toleran terhadap keadaan teduh.

Pada saat ini, tanaman sawo dapat dengan mudah untuk tumbuh dipekarangan rumah menggunakan pot. Perawatan sawo yang ditanam dalam pot juga tergolong mudah, dengan perawatan yang rutin akan membuat sawo tumbuh dipekarangan rumah. Bagaimana langkah-langkah menanam sawo di pot? Simak langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pembibitan

Pemilihan bibit sawo sangat penting dalam menembuhkan sawo yang berkualitas. Bibit sawo lebih baik dipilih dari perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi, dsb) yang lebih memiliki sifat yang sama dengan induknya sedangkan perbanyakan generatif (biji) akan menghasilkan tanaman yang lambat menghasilkan buah. Bibit yang sehat ditandai dengan daun yang hijau segar dan mengembang.

Bila sobat di rumah belum memiliki bibit sawo, maka sobat dapat melakukan cangkok sendiri di rumah. Langkah-langkah untuk mencangkok tanaman sawo antara lain :

  1. Pilih cabang yang besar, sehat dan juga tidak muda ataupun tua dengan diameter 0,5 cm hingga 2 cm.
  2. Cabang disayat menggunakan pisau secara melingkar dan dibuat memanjang kebawah dengan panjang 3 cm hingga 5 cm. Kambium akan terlihat kemudian kerik hingga kering.
  3. Bagian atas dari keratan diolesi dengan zat pengatur tumbuh. Kemudian tutup keratan dengan menggunakan lembaran plastik dengan campuran tanah dan pupuk kandang (1:1).
  4. Tutup bekas sayatan dengan media cangkok, jangan lupa juga untuk merawat cangkokkan dengan disiram setiap hari.
  5. Ketika sudah berumur 4 bulan, cangkokkan dapat dipisahkan dari induknya dan ditanam ke pot atau polybag.
  • Persiapan Media Tanam

Siapkan pot dengan ukuran 40 cm kemudian isi pot dengan media tanam yang sudah dicampurkan antara pupuk kandang/kompos dan tanah dengan rasio 1:2 hingga setengah ketinggian pot.

  • Penanaman

Pindah tanaman secara hati-hati, pastikan tanah yang berada di polybag tidak berantakan dan perakarannya tidak terputus. Siram media dengan pupuk organik padat SAN untuk menutrisi tanah. Letakkan sawo di tengah media tanam dan tambahkan sisa media tanam hingga memenuhi pot. Siram kembali dengan pupuk hingga jenuh dan letakkan ditempat jenuh hingga bertunas, jika sudah bertunas pindahkan ke tempat yang tersinari matahari.

  • Perawatan

Perawatan tanaman sawo dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Penyiraman

Pada awal penanaman, tanaman sawo harus dilakukan paling sedikit dua minggu sekali jika tidak ada hujan. Kekurangan air dapat membuat bunga dan buah sawo menjadi gugur.

  • Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan menggunakan pupuk organik cair SNN maupun pupuk organik padat SAN. Pupuk cair diberikan dua minggu sekali dengan dilarutkan dalam air dan siram ke tanaman. Sedangkan pupuk padat diberikan sesuai dengan umur tanaman, dengan melarutkan ke dalam air dan digemborkan ke tanaman.

  • Pemberian Nutrisi

Pemberian nutrisi Fruttagro setiap satu bulan sekali, dengan melarutkan kedalam air dan disirimkan pada sekeliling tanaman. Selain nutrisi juga, berikan zat pengatur tumbuh organik HortinD dengan cara menyemprotkannya pada daun dan batang hingga merata setiap dua minggu sekali.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan agar tanaman tidak tumbuh terlalu tinggi dan dapat membentuk cabang secara kokoh dan kuat.

  • Pemanenan

Tanaman sawo yang dibudidayakan melalui perbanyakan vegetatif akan mulai berbuah setelah 6 hingga 7 bulan. Pemanenan dilakukan dengan mengambil buah yang sudah menunjukkan ciri fisiologis, seperti kulit buah yang sudah berwarna coklat, daging buah yang agak lembek dan mudah dipetik dari tangkainya.

Selain buahnya yang enak dan segar untuk dimakan, tanaman sawo mempunyai manfaat yang beragam antara lain sebagai tanaman hias dalam pot dan apotik hidup keluarga, tanaman penghijauan pada lahan-lahan kritis, dan masih banyak lagi.

Demikian langkah yang dapat diikuti agar tanaman sawo sobat dapat berbuah walaupun didalam pot. Jangan lupa juga memakai pupuk dan nutrisi yang berkualitas untuk mendapatkan buah yang sehat dan produksi yang tinggi. Selamat berkebun dirumah, sobat!

Leave a Reply