Budidaya Anggur Merah

Anggur merupakan merupakan buah dengan harga terbilang lebih mahal dibanding buah lain karena budidaya yang sulit. Rasa anggur cenderung manis dan asam yang mengindikasi kandungan vitamin C tinggi.

Anggur dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan rentang 300 mdpl hingga 800 mdpl, dengan suhu optimal 30°C hingga 32°C. Pertumbuhan anggur membutuhkan penyinaran matahari yang cukup.

Menanam anggur dalam pot menjadi salah solusi untuk berkebun dirumah. Tanpa membutuhkan lahan yang luas, tanaman anggur dapat tumbuh baik dengan memberikan rambatan (para-para).

Bagaimana ya penanaman anggur dalam pot? Ayo simak langkah-langkah berikut agar tanaman anggur dapat berbuah.

  1. Pembibitan

Benih anggur mudah didapatkan di toko pertanian. Setelah mendapatkan benih anggur yang berkualitas, rendam terlebih dahulu benih pada larutan pupuk organik SNN. Ambil benih yang tenggelam kemudian tiriskan dalam kain basah selama tiga hari untuk membantu masa perkecambahan. Siapkan polybag semai yang sudah diisi campuran tanah dan pupuk organik dengan rasio 1:1. Pastikan mendapatkan cahaya yang cukup dan tidak terkena hujan.

  • Persiapan Media Tanam

Persiapkan pot yang berdiameter sedang yang sudah diisikan campuran tanah dan pupuk SAN dengan rasio 1:1. Buat lubang dibagian bawah pot untuk pembuangan air. Siram media tanam hingga jenuh dan diamkan.

  • Penanaman

Setelah bibit tumbuh pada polybag, pindahkan ke dalam pot. Buat lubang tanam yang sesuai dengan kedalaman akar, kemudian. Buka plastik polybag dan pindahkan secara hati-hati, pastikan akar tanaman anggur tidak rusak. Tempatkan bibit anggur tepat di tengah pot, kemudian siram secukupnya dan diamkan beberapa hari hingga anggur menunjukan pertumbuhan.

  • Perawatan

Lakukan perawatan tanaman antara lain :

  1. Penyiraman

Pasokan air sangat penting dalam perawatan buah anggur, lakukan penyiraman secara rutin. Lakukan penyiraman secara kontinu agar dapat memenuhi kebutuhan pasokan air.

  • Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan menggunakan pupuk cair SNN dan pupuk padat SAN. Pupuk cair SNN diberikan dua minggu sekali dengan dilarutkan dalam air dan siram ke tanaman. Sedangkan pupuk padat SAN diberikan sesuai dengan umur tanaman, dengan melarutkan ke dalam air dan digemborkan ke tanaman. Pemberian nutrisi Fruttagro setiap satu bulan sekali, dengan melarutkan kedalam air dan disirimkan pada sekeliling tanaman.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan batang dan daun untuk mendapatkan bentuk yang diingikan dan bisa membuat tanaman mendapatkan pasokan sinar matahari dengan baik serta membuat baik sirkulasi udara di sekitar batang anggur. Pemangkasan juga dilakukan untuk membuang batang yang terkena penyakit ataupun hama. Pemangkasan bunga juga perlu dilakukan bila dirasa dalam satu batang memiliki banyak anakan bunga. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan buah anggur dengan kualitas dan kuantitas yang optimal

  • Pemanenan

Pemanenan dilakukan ketika buah anggur sudah ditanam setelah 90 hingga 100 hari, berhentikan penyiraman sebelum seminggu dipanen. Panen dilakukan dengan memetik tandan buah anggur menggunakan gunting maupun pisau. Buah yang dipetik merupakan buah permukaan buahnya sudah menjadi lunak.

Demikian Langkah-langkah yang dapat diikuti agar tanaman anggur dapat berbuah di rumah. Jangan lupa juga memakai pupuk organik dan nutrisi yang berkualitas untuk mendapatkan buah yang sehat dan manis. Selamat bertani dirumah, sobat!

Leave a Reply