Budidaya Tanaman Mangga

Tanaman mangga termasuk suku Anarcadiaceae, berbentuk pohon dengan tinggi mencapai 10-40 meter dengan garis tengah batang sekitar 80-100cm. Batang berwarna keabuan, kulit berbelah-belah tidak rata dan getah putih bening. Untuk pertumbuhannya tidak memerlukan syarat yang berat, tanaman dapat tumbuh baik pada ketinggian 300-500m dpl, terutama pada tanah yang gembur dengan pH 5-6 dan berpengairan baik. Iklim yang diperlukan bagi pertumbuhannya ialah yang mempunyai masa kering sekitar 3-4 bulan. Mangga sebagai sumber vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan, buah mangga juga merupakan komoditi yang mempunyai nilai ekonomis tinggi untuk diperdagangkan.

Penanaman dan Pemeliharaan

Mangga bisa dikembang biakkan dengan biji, cangkok, ataupun okulasi. Bibit yang sudah tumbuh kemudian ditanam di lahan. Lahan diberi lubang kira-kira 1 bulan sebelum musim hujan. Lubang berukuran 1m x 1m x 1m atau 60cm x 60cm x 60cm. Jarak tanam 10m x 10m atau 12m x 12m. Lubang dibiarkan terbuka selama 30 hari agar kemasaman tanahnya hilang. Pada waktu membuat lubang tanam, hendaknya dipisahkan lapisan tanah atas dengan bawah dan seminggu sebelum tanam lubang ditimbun kembali dengan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang sebanyak 2-3 blek setiap lubang. Ketika menimbun lubang, tanah lapisan bawah dimasukkan lebih dahulu sehingga susunannya seperti semula.

Pemupukan dilakukan sejak tanaman ditanam dengan dosis pemupukan pada pembibitan/ tanaman muda (umur 0 – 1 tahun) dengan 1 sendok makan Pupuk Organik Padat dan pupuk makro (dosis sesuai dengan anjuran Dinas Pertanian) diencerkan dalam 20 liter air, kemudian disiramkan untuk 10 tanaman.  Pemupukan diulangi 3 bulan sekali. Penyemprotan Pupuk Organik Cair dosis 2 cc/liter dilakukan interval 2 minggu sekali untuk 1 tanaman. Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan tananam.

Pemupukan pada tanaman yang belum menghasilkan – TBM (umur 1 – 3 tahun) dengan dosis 5 sendok makan pupuk organik Pupuk Organik Padat diencerkan dalam air secukupnya kemudian disiramkan untuk 20 tanaman. Pemupukan diulang 3 bulan sekali, disertai jg dengan penyemprotan Pupuk Organik Cair dosis 2 – 4 cc/liter dilakukan interval 2 minggu sekali 1 tanaman.

Sedangkan dosis pupuk untuk tanaman yang sudah menghasilkan (berbuah) pemupukan sesuai tabel dibawah ini.

Tabel Pemupukan Tanaman Mangga

Umur Tanaman (tahun) Dosis Nutrisi Buah (sdm) Jumlah tanaman (batang) Interval aplikasi (bulan) Cara Aplikasi
3 – 5 10 – 20 4 6 Pupuk ditebarkan disekitar tanaman
6 – 10 30 – 50 4 6
11 – 15 60 – 70 6 6
16 – 20 60 5 6
20 – 2 tahun sebelum peremajaan 50 5 6

Catatan :

–           1 sendok makan setara dengan 10 gram

–           Kebutuhan Pupuk Organik Padat 10 – 15 kg/ha

–           Kebutuhan Nutrisi Buah 10 – 15 kg/ha

–           Kebutuhan Pupuk Organik Cair 10 – 15 liter/ha

 

Panen

Tanaman mangga asal bibit okulasi akan berbunga pada umur 3-4 tahun dan pembuahan berlangsung antara pertengahan Agustus s/d Desember. Tanda-tanda buah yang sudah bisa dipetik, kalau buah itu langsung dikonsumsi ialah kulit buah yang semula berwarna hijau muda berubah menjadi hijau tua atau kebiruan.

Leave a Reply