Budidaya Tanaman Pakcoy Hidroponik

Pakcoy (Brassica rapa L) merupakan sayuran yang tampilannya sangat mirip dengan sawi. Jika sawi batangnya lebih ramping dan memanjang, pakcoy memiliki batang yang lebih besar dan pendek, serta struktur daunnya lebar. Tanaman yang terkenal dengan sebutan sawi daging ini memiliki rahasia ajaib yang masih jarang diketahui masyarakat antara lain yaitu kandungan vitamin A tinggi mampu menjaga kornea mata agar selalu sehat. Kandungan vitamin E pada pakcoy berfungsi sebagai antioksidan di dalam sel, kandungan vitamin K yang sangat tinggi berguna dalam membantu proses pembekuan darah, mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, tanaman yang mengandung folat sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena folat berfungsi untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf, kelainan pembentukan otak atau terjadinya kemungkinan kelainan tulang belakang pada janin..

Penyiapan Larutan Nutrisi

Sebelum dipindahkan ke konstruksi hidroponik, kegiatan yang perlu dilakukan adalah menyiapkan larutan nutrisi. Hal ini menjadi salah satu komponen terpenting dalam budidaya secara hidroponik karena dari nutrisi inilah tanaman mendapatkan sumber makanan. Nutrisi yang paling sering digunakan adalah nutrisi tanaman AB Mix. Setiap 1 liter air di campur dengan nutrisi A dan B sebanyak 5 ml.

 Pembibitan

Pilih benih yang berkualitas tinggi, taburkan benih pada nampan yang telah diberi media tanah. Bibit siap dipindahkan ketika berumur 7-10 HSS (Hari Setelah Semai) atau daunnya berjumlah sekitar 4-5 helai. Bibit tidak langsung diletakkan pada konstruksi hidroponik, namun diletakkan pada tempat pembibitan terlebih dahulu pada media yang hanya berisi air tanpa penambahan larutan nutrisi tanaman.

Penanaman

Bibit yang berdaun 4-5 helai siap dipindahkan pada media tanam. Cuci bersih bibit dari tempat persemaian hingga akarnya tidak mengandung tanah. Pindahkan bibit pada media cincin baglog dengan cara meletakkan satu bibit pakcoy yang dijepit oleh dua kain filter, yang ditengahnya diberi kain flannel, kain flannel berfungsi untuk menyerap nutrisi tanaman dan tempat tumbuhnya akar tanaman. Setelah seluruh bibit dipindahkan pada cincin baglog, letakkan pada kontruksi hidroponik yang telah diberi larutan nutrisi tanaman. Ada beberapa teknologi untuk konstruksi hidroponik, namun Jurus Tani akan membahas konstruksi hidroponik NFT (Nutrient Film Technique). NFT merupakan sistem budidaya hidroponik yang paling banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia yang berkecimpung di dunia hidroponik. Pada sistem ini, sebagian akar tanaman terendam dalam air yang telah diberi nutrisi tanaman, sebagian lagi di atas permukaan air, yang bersirkulasi selama 24 jam terus menerus. Hal inilah yang penting untuk diperhatikan dalam sistem NFT, aliran listrik harus stabil, jika tidak tanaman akan kekurangan nutrisi, karena nutrisi tanaman hanya dapat dijangkau oleh tanaman dengan pompa air. Jika listrik mati, otomatis nutrisi tanaman tidak akan terpenuhi. Lapisan air yang sangat tipis sekitar 3 mm, mirip dengan lapisan film, sehingga sistem ini disebut NFT.

Pemeliharaan

Perawatan yang perlu dilakukan cukup mudah, yaitu dengan cara mengontrol larutan nutrisi untuk tanaman, jika nutrisi semakin berkurang maka perlu ditambahkan. Menjaga posisi pompa agar selalu terendam air, menyulam tanaman yang telah mati. Budidaya tanaman pakcoy seccara hidroponik tidak membutuhkan pengendalian hama dan penyakit, sebab hama dan penyakit yang menyerang tanaman sangat sedikit. Hal ini adalah salah satu kelebihan dari tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik.

Panen

Pakcoy siap dipanen pada umur sekitar 20 HST (Hari Setelah Tanam) atau 22-30 HSS (Hari Setelah Semai). Ciri-cirinya yaitu daun sawi dewasa berbentuk oval melebar, tangkai daunnya berwarna hijau cerah, bentuknya relative pendek, jauh berbeda dengan sawi yang berukuran panjang.

12 Comments

  1. Apakah benih blh dimasukkan ke dlm ring kain flanel tanpa hrs disemaikan ke tanah? Krn media tanah kotor..tq

    • Untuk cara terbaik yang kami sarankan adalah benih disemai terlebih dahulu di media tanah. Tanah mungkin terlihat kotor di mata kita tetapi tanah untuk tanaman yang akan kita tanaman bermakna lain. Apalagi jika tanah itu kaya akan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman yang akan kita tanam. Semangat berkebun, Semangat menanam Sobat ^^

  2. saya suka sekali denganembudidayakan hydroponic seprti ini

  3. Klu kita semai di rockwall, ap itu bs…

  4. Its not my first time to go to see this site, i am browsing this site dailly and get nice
    facts from here every day.

  5. I think this is one of the most important information for me.
    And i’m glad reading your article. But should remark on few
    general things, The site style is ideal, the articles is really
    excellent : D. Good job, cheers

  6. Ӏf you want to obtain much from this paragraph then you have to
    apply sᥙch tеchniques to your won web site.

Leave a Reply