Budidaya Tanaman Rosemary

Rosemary adalah herbal kuliner yang sangat populer di Eropa dan biasanya dipakai sebagai bumbu untuk jenis masakan panggang, bakar, dan BBQ. Herbal kuliner ini mempunyai rasa dan aroma yang kuat sehingga menggunakan beberapa helai daun saja untuk masakan sudah cukup. Menumbuhkan Rosemary dari biji cukup membutuhkan usaha karena seringkali peluang kegagalannya tinggi. Akan lebih besar peluang keberhasilannya jika memperbanyak Rosemary dari stek. Letakkan Rosemary pada tempat dengan intensitas paparan sinar matahari yang tinggi. Selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan, herbal kuliner yang satu ini juga cantik untuk pemanis ruangan.

Penyiapan Bibit

Rosemary ditanam melalui benih atau dengan stek. Perlakuan benih dengan merendam benih dengan Pupuk Organik Cair 2 cc/liter selama 12 jam, tiriskan benih dan kering anginkan, benih siap di tebar pada media tanam. Media tanam berupa campuran kompos : arang sekam : tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Campur media tanam sampai homogen dan tambahkan Soil treatment 5 sdm per 10 liter media campuran, Pupuk Organik Padat 1 sdm per 10 liter media campuran, kemudian campur sampai merata dan media tanam siap digunakan.

Penanaman di pot atau nampan

Masukkan media tanam yang telah diterapi pada pot/polybag, siram media tanam dengan air secukupnya, campur benih dengan abu atau pasir (benih yang kecil). Tanam benih ke dalam pot atau polybag sedalam ½ cm dan tutup kembali dengan media tanam.

Pemeliharaan bibit dengan pengecekan kelembaban tanah dan kebutuhan air, pengecekan hama dan penyakit, serta penyemprotan dengan Zat Pengatur Tumbuh. Pemupukan berupa pemberian pupuk makro 2 sdm dan Pupuk Organik Cair 3 tutup dilarutkan dalam 2 liter air, diamkan semalam, siramkan untuk 10 pot (tanaman) dengan media tanam 3 – 5 liter media tanam. Interval pemupukan seminggu sekali, penyiangan dilakukan jika pada media pot tumbuh gulma. Penggemburan tanah perlu di lakukan jika media tanam terlalu padat. Rosemary merupakan tanaman yang cukup tahan kering jadi tidak perlu banyak disiram.

Panen

Potong batang rosemary dengan gunting apabila akan digunakan. Atau bila akan dibiakkan, rosemary dapat ditanam dengan stek batang. Cukup dipotong dan ditancapkan di pot dengan tanah kompos sampai berakar dan siap dipindahkan.

4 Comments

  1. You actually make it seem so easy with your presentation but I find this topic
    to be actually something that I think I would never understand.

    It seems too complex and very broad for me. I’m looking forward for your next
    post, I’ll try to get the hang of it!

Leave a Reply