Daun Mimba Lawan Ulat Daun

Ulat daun kerapkali menganggu tanaman yang menyebabkan kecacatan atau kerusakan pada daun. Mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan pemberian pestisida nabati. Pestisida ini dibuat dari bahan-bahan alami yang memiliki harga terjangkau bagi petani.

Pestisida nabati mampu mengendalikan banyak hama. Di antaranya hama ulat daun yang sering menyerang tanaman. Pestisida nabati merupakan pestisida terbuat dari bahan atau bagian tanaman seperti akar, biji, daun, batang, dan buah. Keunggulan pestisida nabati ini murah dan mudah dibuat, aman terhadap lingkungan, tidak menyebabkan keracunan pada tanaman, serta tidak menyebabkan perubahan sifat hama. Selain itu, pestisida nabati juga bersifat mudah terurai di alam dan tidak menyisakan residu berbahaya. Hal ini menjadikan pestisida nabati relatif lebih aman bagi manusia.

Untuk pembuatannya cukup mudah dan bahan yang digunakan gampang ditemukan di sekitar kita. Berikut tips membuat pestisida nabati untuk pengendalian hama ulat daun:

Bahan Pestisida Nabati:

  • Biji atau daun mimba 1kg (jika ada keduanya boleh dipakai)
  • Serai atau sereh 1 kg
  • Lengkuas 1 kg
  • Air bersih 10 liter
  • Sabun cair 50 ml

Alat:

  1. Pisau
  2. Ember
  3. Pencacah atau blender
  4. Saringan
  5. Alat penunjang lainnya

Cara Pembuatan Pestisida Nabati untuk Hama Ulat

  1. Potong kecil-kecil Serai/Sereh, Daun Mimba, dan Lengkuas. Lalu, masukkan bahan yang sudah dipotong tadi ke dalam blender. Tambahkan air agar memperlancar proses blender. Blender bahan-bahan tersebut agar mendapatkan hasil lebih halus.
  2. Setelah dirasa halus, masukkan bahan-bahan yang sudah diblender tadi ke dalam ember yang sudah terisi air. Tambahkan serbuk biji mimba dan aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya, rebus larutan bahan-bahan tadi di atas api kecil. Sebaiknya jangan mendidih, hanya panas biasa saja. Setelah itu dinginkan larutan pestisida nabati.
  4. Setelah dingin, saring larutan pestisida nabati. Pisahkan air dan ampasnya. Airnya bisa dipakai pestisida nabati untuk pengendalian hama ulat, sedangkan ampas dari pestisida nabati dapat digunakan sebagai pupuk.

Dosis dan Aplikasi Pestisida nabati

Campurkan sebanyak 500 ml pestisida nabati dengan 50 ml sabun cair. Aduk hingga merata. Setelah bahan tercampur, tambahkan air sebanyak 10 liter. Kemudian pestisida nabati dapat disemprotkan atau digunakan pada tanaman.

Leave a Reply