Selada: Hijau Segar Mampu Kendalikan Busuk

Selada merupakan salah satu sayuran yang sering kita jumpai sehari-hari. Hijau daunnya yang lucu membuat siapa saja gemas untuk menanamnya. Tanamn ini sering ditanam pada media hidroponik maupun di tanah.

Selada mudah tumbuh di mana saja. Ia bisa hidup di dataran tinggi maupun rendah. Sehingga tak heran jika banyak orang yang menanamnya di pekarangan rumah. Kandungan vitamin yang terdapat pada selada cukup banyak. Di antaranya mengandung vitamin A, B, dan C yang baik bagi tubuh dan kesehatan.

Penyakit penting pada tanaman selada salah satunya adalah busuk daun. Penyakit ini diakibatkan oleh cendawan phytophthora infestans. Cendawan ini sering menyerang bagian daun, batang, dan buah. Sehingga petani sering mengalami gagal panen. Indikasi awal terserang penyakit ini yaitu adanya bercak basah abu-abu dengan bentuk tak beraturan. Bercak tersebut mampu berkembang cepat dalam situasi lembab. Kondisi basah dan dingin turut memicu perkembangan penyakit busuk daun. Berikut beberapa cara pengendalian penyakit busuk daun:

Cara Pengendalian:

  • Pengaturan jarak tanam,
  • Pengapuran,
  • Rotasi tanam dengan komoditas yang berbeda family.
  • Mencabut atau membuang tanaman yang terkena hama busuk daun. Hal ini dilakukan agar penyakit tersebut tidak menular ke tanaman yang lainnya.
  • Mengaplikasikan fungisida. Fungisida dengan bahan aktif fluopikolid dan propineb dapat mengatasi busuk daun secara efektif.
  • Aplikasi fungisida dimulai pada 15 hari setelah tanam.
  • Interval aplikasi fungisida disesuaikan dengan intensitas serangan yang terjadi. Jika tidak terlalu parah, semprot tiga hari sekali. Namun, jika parah atau musim hujan bisa semprot setiap hari.

Penulis                        : Tri Umi Asni

Rujukan                     :

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id/ind/images/isi_monografi/M-23.pdf

http://sisinfo_horti.litbang.pertanian.go.id/expertsys/detail-optmap-P04

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita-terbaru/269-antisipasi-serangan-lodoh.html

Leave a Reply