Tanam Terong Ungu di Polybag

Tanaman terong cocok ditanam pada suhu tropis dengan suhu 20-35 drajat celcius dengan tanah lempung berpasir. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup, oleh karena itu cocok ditanam pada musim kemarau.

Terong ungu tergolong sayur yang mudah untuk dibudidayakan, sudah banyak budidaya terong yang dilakukan dalam skala rumah tangga. Berikut langkah-langkah budidaya terong di rumah:

  1. Penyemaian

Benih direndam terlebih dahulu menggunakan air hangat selama kurang lebih 5-6 jam mempercepat masa dormansi kemudian ditiriskan. Penyemaian dilakukan dengan manaburkan benih terong ungu secara langsung pada media semai berupa tanah dan sekam pada …semai.

2. Pindah Tanam

Siapkan media tanam berupa tanah, kompos dan sekam dalam polybag. Berikan 4 sendok pupuk SAN Tanaman tiap polybag. Pindahkan bibit terong setelah 25-30 hari setelah semai. Sobat bisa memilih bibit yang bagus dan sehat untuk ditanam, dengan ciri- ciri memiliki vigor yang kuat dan daun berwarna hijau segar. Tanam satu bibit terong pada satu polybag. Setelah selesai penanaman, bibit segera disiram dengan air secukupnya agar tanaman tidak layu.

3. Pemeliharaan

Penyiangan

Penyiangan perlu dilakukan agar tanaman terong tidak terganggu oleh gulma dan rumput liar.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk cair organik SNN. Dosisnya adalah 2 cc/liter air dan diseprotkan sebanyak 8 – 10 x sampai waktu panen. Memasuki masa generatif, semprotkan pupuk Hortind seminggu sekali untuk membantu pembungaan dan pembetukan buah, dengan dosis 2 cc untuk 1 liter air.

Pemasangan ajir

Pemasangan ajir bertujuan untuk menopang tubuh tanaman. Pemberian ajir dilakukan setelah tanaman berumur 3 – 4 minggu dengan jarak 5-7 cm dari pangkal batang agar tidak melukai akar tanaman. Tanaman diikat pada ajir dengan tali rafia.

4. Pemanenan

Panen pertama tanaman terong biasanya dilakukan setelah 70-80 hst. Selanjutnya, panen bisa dilakukan setiap 3-7 hari sekali. Dalam satu kali musim tanam, bisa mencapai 10-15 kali panen, bahkan bisa lebih. Waktu yang tepat untuk panen adalah pagi dan sore hari. Sobat bisa memetik buah terong dari tangkainya

Begitu sobat langkah dan berbagai tips berbudidaya terong ungu di rumah, selamat mencoba!

Leave a Reply