Yuk Tanam Leci di Kebunmu

Banyak dari orang Indonesia telah mengenal buah leci namun jarang sekali yang pernah memakan buah leci secara langsung. Penikmat leci lebih banyak menemui olah leci dalam bentuk sirup atau penambah rasa dari pada memakan buah leci segar. Buah leci termasuk jenis buah yang sulit ditemukan di pasaran sehingga harga buah leci cenderung mahal. Rasa buah leci cenderung manis dan unik menjadikan buah ini jadi eksklusif untuk dinikmati. Tanaman leci menyukai tanah yang subur dengan penyinaran matahari yang cukup, sangat cocok ditanam di Indonesia yang memiliki tanah subur dan sinar matahari bersinar sepanjang tahun.
Buah leci dapat dibudidayakan dengan mudah di rumah sama dengan budidaya buah lain seperti mangga maupun rambutan. Ikuti langkah di bawah ini agar budidayakan leci dapat berhasil:

  1. Persiapan bibit
    Pilihlah bibit dari hasil cangkok batang yang memiliki fisik daun dan batang yang hijau segar. Bibit leci yang siap tanam memiliki tinggi 50-60 cm. Bila tidak dapat mencangkok sendiri, bibit leci dapat dibeli pada nursery terpercaya dengan memilih bibit dari indukan yang bagus.
  2. Pindah tanam
    Siapkan lahan tanam di pekarangan dengan luasan lahan 1×1 meter dengan kedalaman lubang tanam 50 cm. Sebelum tanam, siramkan pupuk SAN yang telah dilarutkan untuk memperbaiki nutrisi dalam tanah. Tambahkan sekam dan pupuk kompos bila tersedia di pekarangan.
    Pindah tanam bibit ke lubang tanam dapat dilakukan pagi sehingga aklimatitasasi (penyesuaian) tanaman dapat berjalan baik
  3. Perawatan Tanaman
    Pemupukan
    Pemupukan dapat menggunakan rangkaian pupuk SAN, SNN dan Fruttagro
    Pupuk SAN akan membantu mengemburkan tanah dan memenuhi nutrisi makro mikro bagi tanaman. Pengaplikasian SAN dilakukan dengan menyiram/mengocorkan pada saat sebelum tanam dan setiap bulan sekali setelah tanam, dosis penggunaan SAN dengan melarutkan 1 sendok SAN dalam 10 liter air.
    Pupuk SNN berfungsi untuk membantu pertumbuhan vegetative tanaman (akar, batang dan daun) dapat maksimal, membantu proses fotosintesis berjalan maksimal sehingga tanaman menjadi lebih subur. Pengaplikasian SNN setelah 10 hari tanam dan lakukan rutin setiap sepuluh hari sekali. Gunakan dosis 2cc/liter yang disemprotkan pada daun, batang dan akar
    Pupuk Fruttagro dapat mengurangi kerontokan bunga dan buah maupun meningkatkan produksi tanaman. Pemberian bisa dilakukan dengan dosis 20 gr/liter dan di siramkan disekitar tanaman setiap satu bulan satu kali.
    Penyiraman dan Penyiangan
    Penyiraman dilakukan sebanyak dua kali sehari selama dua minggu pertama setelah bibit yang berasal dari cangkokan/okulasi ditanam, selanjutnya penyiraman dapat dikurangi menjadi satu kali sehari. Apabila tanaman rambutan telah tumbuh kuat penyiraman dapat dilakukan saat-saat diperlukan saja. Pastikan drainase disekitar tanaman memiliki kondisi yang baik, agar saat hujan turun perakaran tanaman tidak tergenang air.
  4. Panen
    Pemanenan biasanya dapat dilakukan ketika tanaman seudah berumur 4-5 tahun. Buah yang matang ditandai dengan cangkang buah yang sedikit lunak ketika dipencet. Pemanenan dapat dilakukan dengan mengecek kematangan beberapa buah leci.

Buah leci yang manis dan segar dapat dinikmati langsung maupun diolah bersama minuman. Bila sobat memiliki panenan yang berlimpah, buah leci dapat menjadi peluang usaha untuk dijual ke pasar karena harga buah leci cukup tinggi sehingga dapat mendatangkan keuntungan.

Demikian sobat langkah menanam leci dengan mudah dan menghasilkan buah yang berlimpah. Semoga bermanfaat untuk diterapkan di rumah ya

Leave a Reply